Diberdayakan oleh Blogger.
Header Ads

Minggu, 15 September 2019

Khasiat Cuci Muka Dengan Air Zamzam

0 comments

Banyak yang mengatakan, mencuci muka dengan air Zamzam bisa membuat kulit wajah lebih halus. Apakah pendapat ini benar dan terbukti secara medis?

Kulit wajah yang cerah adalah dambaan sebagian besar wanita. Karena, tanpa makeup yang berlebihan, wajah-wajah yang cerah sudah menampilkan pesona mereka sendiri. Tidak mengherankan, berbagai metode bersedia digunakan untuk memperoleh kondisi ini. Salah satu yang disebut efektif adalah mencuci muka dengan air Zamzam.

Bukan berita baru, mencuci muka dengan air Zamzam bisa membuat kulit cerah adalah berita yang sudah ada sejak lama. Lalu, dari sudut pandang medis, apakah ini mungkin?

Kenali air Zamzam
Proses munculnya air Zamzam sangatlah tidak bisa dicerna oleh akal manusia. Dilansir dari berbagai sumber, ada cerita yang mengatakan bahwa air zamzam muncul di tengah gurun yang gersang. Uniknya, pancaran air Zamzam tidak pernah berhenti meski sudah ribuan tahun.

Baca juga: Haji Tanpa Antri dengan Haji Furoda

Setelah dilakukan penelitian ilmiah, air Zamzam ternyata mengandung kalsium dan garam magnesium tinggi. Air ajaib ini juga mengandung fluor alami yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Padahal, sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah laboratorium di Amerika menunjukkan, ada 30 elemen dalam air Zamzam.

Jumlah elemen yang terkandung memiliki neutron untuk menghasilkan energi. Alhasil, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa air ajaib itu terbukti bermanfaat bagi kesehatan.

Jika demikian, bagaimana dengan manfaat air Zamzam untuk kondisi kulit? Apakah air mampu membuat kulit wajah lebih cerah? Terkait hal ini, dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter belum sepenuhnya setuju. Sebab, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air Zamzam dapat membuat kulit wajah lebih cerah.

"Air Zamzam memang mengandung banyak mineral. Namun, jika itu khusus untuk kulit, sepertinya itu belum dapat dibuktikan. Sejauh ini, beberapa orang menggunakannya untuk melindungi kulit dari serangan panas," jelas Dr. Dery

Ketika wajah sering dicuci dengan air Zamzam, itu memberikan perlindungan lebih terhadap sinar matahari. Nah, ketika wajah terlindung dari panasnya sinar matahari, otomatis kulit tidak menjadi kusam.

Selain itu, air Zamzam juga dipercaya membantu regenerasi sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit mati dibersihkan dari wajah menggunakan percikan air Zamzam, wajah secara otomatis menjadi lebih lembut dan lebih cerah.

Manfaat air Zamzam yang telah terbukti

Dilaporkan oleh sebuah sumber, merasakan manfaat mencuci wajah dengan air Zamzam rupanya tidak pernah dialami oleh salah satu selebritas negeri itu, Laudya Cynthia Bella. Beberapa tahun yang lalu, kulit jilbab wanita ini telah terbakar matahari selama Mekah. Dia juga tidak lupa mengaplikasikan tabir surya dengan SPF 100 kapan saja, sehingga kulitnya tidak berubah menjadi hitam.

Namun, karena penggunaannya yang berlebihan, kulit wanita yang sering disebut Bella sebenarnya bermasalah. Ya, kulitnya kemerahan dan terasa seperti terbakar. Alhasil, untuk mengobati kondisi tersebut tanpa bantuan dokter, Bella menggunakan air zamzam.

Sementara di Mekah, ia membuat air Zamzam sebagai toner dengan menuangkannya ke kapas untuk dioleskan ke wajah. Setelah secara rutin melakukan pengobatan rumahan, Bella mengklaim kulit wajahnya kembali normal.

Mencuci wajah dengan air Zamzam sehingga bisa membuat kulit Anda berkilau belum sepenuhnya terbukti. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencuci muka secara teratur menggunakan air. Karena pada dasarnya, air Zamzam sangat baik untuk kesehatan. Karena itu, tidak mengherankan jika air Zamzam selalu menjadi suvenir favorit ketika seseorang mengunjungi Tanah Suci.